Solo Traveling: 7 Tips Penting Untuk Para Cewek Yang Gemar Bertualang

Traveling telah menjadi kegiatan favorit bahkan gaya hidup bagi banyak orang, termasuk para perempuan. Semakin banyak pula traveler perempuan yang memilih untuk menjelajah berbagai bagian dunia seorang diri. Amankah solo traveling bagi perempuan? Tentu, asalkan kamu tahu tips-tips penting untuk tetap menjaga diri di tempat asing. Sebelum memutuskan untuk solo traveling, cermati dulu tips khusus untuk perempuan ini:

Pastikan Kamu Mengetahui Tempat Tujuanmu

solo traveling

Jangan hanya sebatas melihat foto destinasi tujuan di Instagram atau satu post di media sosial. Lakukanlah riset yang lebih mendalam mengenai destinasi tujuanmu, terutama dalam hal keamanan. Bagaimana lingkungan sekitar di kota tujuanmu? Adakah kawasan yang harus dihindari? Penginapan mana yang terlihat bisa dipercaya dan aman? Bagaimana transportasi umum di sana? Ketahuilah hal-hal tersebut terlebih dahulu sebelum bertandang ke kota seberang. Bacalah ulasan-ulasan di website seperti TripAdvisor atau Oyster untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang destinasimu dalam solo traveling. Utamakan baca ulasan dari sesama perempuan untuk aspek-aspek keamanan yang berdasarkan pengalaman.

Berkenalan dengan Orang Lokal

solo traveling

Ada banyak forum atau komunitas solo traveler perempuan yang bisa kamu ikuti untuk berkenalan dengan sesama traveler di berbagai bagian dunia. Saat kamu berkunjung ke suatu tempat, tanyakanlah mengenai kota tersebut pada orang yang sempat tinggal di sana. Tanyakan mengenai kebiasaan atau budaya khusus di tempat tersebut yang penting untuk diketahui oleh perempuan yang sedang solo traveling. Cara ini lebih aman dengan berkenalan dengan orang lokal yang kamu temui di lokasi. Coba kunjungi page Backpacker Indonesia, The Travelettes, atau Go Girl Travel Network.

Tetap Berkomunikasi dengan Orang Terdekat

solo traveling

Bepergian sendiri bukan berarti kamu tidak harus mengabari keluarga atau orang terdekat. Bagikanlah rencana perjalananmu, nomor penerbangan, dan tempatmu menginap. Berkomunikasilah secara rutin agar keluargamu merasa tenang dan bisa langsung mencari informasi kalau terjadi sesuatu dan kamu tidak mengabari mereka.

Gunakan Asuransi Perjalanan

Jangan pelit soal asuransi perjalanan. Kamu tidak pernah tahu hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi. Cermatilah paket asuransi perjalanan yang ditawarkan. Utamakan yang juga meng-cover tambahan biaya apapun di perjalananmu, termasuk hilangnya barang bawaan, pembatalan perjalanan, kerusakan mobil sewaan, dan lainnya, selain hal-hal mendasar seperti biaya pengobatan, biaya emergency, dan asuransi jiwa.

Jangan Tampil Terlalu Mencolok, Usahakan Berbaur Dengan Orang Sekitar

solo traveling

Tentu traveling adalah salah satu momen bagimu untuk tampil cantik demi foto yang ciamik. Tapi jangan berlebihan. Saat solo traveling, usahakan untuk berbaur dalam hal penampilan agar tidak terlalu menarik perhatian sehingga mungkin memancing kejahatan. Perhatikanlah bagaimana kebanyakan perempuan di tempat tersebut berpakaian dan jadikan inspirasi untuk memilih outfit. Jangan berusaha untuk tampil mencolok kalau tidak ingin mengundang kejahatan atau keisengan orang di tempat baru.

Persiapkan Uang Darurat

Jangan simpan semua uangmu di satu tempat. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecopetan atau kehilangan tas atau dompet, sisihkan sebagian uang dan letakkan di tempat yang berbeda. Gunakan uang tersebut hanya untuk keadaan darurat.

Foto dan Simpan Semua Dokumen Perjalanan

Selain menjaga barang bawaan dan dokumen perjalananmu baik-baik, kamu juga perlu memastikan kamu memiliki cadangan dari dokumen-dokumen yang penting di smartphone atau di database yang bisa kamu akses melalui internet, seperti DropBox atau Google Drive. Dengan demikian, jika kamu (amit-amit) kehilangan barang atau dokumen penting seperti KTP atau passport, kamu bisa menunjukkan foto atau hasil scan yang telah kamu persiapkan.

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup