Tidak Ingin Foundation yang Anda Gunakan Oksidasi? Lakukan 5 Cara Ini!

Pasti tak sedikit dari Anda yang sering mendengar istilah oksidasi pada make up. Sebenarnya apa sih istilah oksidasi yang terjadi pada make up? Jika make up yang Anda gunakan setelah berjam-jam membuat warna kulit wajah menjadi menggelap atau berubah menjadi ashy, itu artinya foundation yang Anda gunakan teroksidasi. Memakai make up yang mudah teroksidasi tentu membuat kita sebagai wanita kesal, pasalnya kita harus sering retouch agar make up yang kita pakai senantiasa tampil sempurna. Tapi, jika harus berulang kali touch up agar make up tampil sempurna, membuat pekerjaan atau aktivitas lainnya akan terganggu. Banananina punya lima cara jitu agar foundation yang Anda pakai tidak mudah teroksidasi!

Pakai skin care yang bisa menyeimbangkan kadar pH

(Foto: www.unsplash.com)

Apakah Anda sudah rutin memakai skin care yang sesuai dengan jenis kulit sebelum mengaplikasikan makeup ke wajah Anda? Pastikan Anda selalu memakai skin care untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Pasalnya, kadar pH yang terlalu rendah atau tinggi bisa menjadi penyebab foundation oksidasi. Jadi, kalau pH kulit berada dalam kadar asam, maka foundation yang kamu gunakan akan cenderung mengalami oksidasi. Agar pH kulitmu normal, sebaiknya gunakan skin care yang dapat menyeimbangkan pH, misalnya dengan menggunakan cuka apel sebagai toner. Di samping itu, sebelum menggunakan foundation sebaiknya bersihkan wajah dengan cleanser yang kadar pH nya sesuai dengan kulit.

Pilih primer yang mengandung silicone base

(Foto: www.her.ie.com)

Pemilihan primer yang tepat juga sangat berpengaruh untuk mencegah foundation agar tidak oxidize. Pemakain primer sebagai tahapan awal memakai make up, tidak hanya dapat membuat make up yang digunakan menjadi lebih tahan lama tapi juga membuat tampilan make up jadi terlihat lebih halus. Untuk mencegah terjadinya oksidasi pada foundation Anda, pilih primer dengan silicon base. Hal ini dikarenakan, primer bertindak sebagai pembatas antara kulit wajah dan foundation, sehingga foundation tidak langsung terkena wajah dan tidak mudah oksidasi.

Gunakan blotting paper

(Foto: www. pixabay.com)

Sebum menjadi salah satu penyebab foundation yang Anda gunakan oksidasi. Untuk menghilangkan sebum pada wajah, memakai blotting paper atau tisu penyerap sebum bisa menjadi salah satu cara ampuh mencegah foundation oksidasi. Sebaiknya, Anda perlu menggunakan blotting paper saat setelah menggunakan moisturizer dan sebelum mengaplikasikan foundation yang berguna untuk menyerap sebum berlebih.

Gunakan blotting paper dengan cara ditepuk-tepuk perlahan, jangan menggunakannya dengan cara digeser, karena dapat merusak complexion yang sudah Anda gunakan. Oleh karenanya, blotting paper tidak boleh absen Anda bawa saat beraktivitas, terlebih jika Anda memiliki jenis kulit wajah berminyak.

Gunakan translucent powder

(Foto: www.pexels.com)

Penggunaan bedak setelah menggunakan foundation akan membuat complexion tidak mudah luntur sekaligus dapat menyerap minyak berlebih yang dapat menyebabkan oksidasi. Oleh karenanya, agar foundation Anda tidak oksidasi, setelah mengaplikasikan foundation ke seluruh area wajah, aplikasikan translucent powder agar hasilnya menyatu di kulit dan membuat make up lebih tahan lama.

Pilih foundation sesuai jenis kulit

(Foto: www.pixabay.com)

Jika foundation lama Anda tanpa Anda sadari sering oksidasi, maka saat Anda ingin membeli foundation baru, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu foundation yang akan Anda beli, apakah sudah sesuai dengan warna kulit dan jenis kulit Anda. Untuk mengetahui apakah foundation tersebut sesuai dengan kulit Anda, caranya adalah dengan tidak langsung membeli foundation sesaat setelah Anda swatch, melainkan diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit. Setelah 15 menit, cek kembali apakah foundation tersebut menggelap atau malah menyatu dengan warna kulit.

Jika foundation lama Anda membuat oksidasi, bisa jadi selama ini Anda salah memilih jenis foundation. Untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering, disarankan untuk menggunakan foundation dengan hasil akhir dewy, karena formulanya mampu melembapkan kulit. Sedangkan Anda yang memiliki jenis kulit oily, pilih foundation yang hasil akhirnya matte yang mampu mengontrol minyak selama menggunakan make up.

 

Selamat mencoba kelima tips jitu di atas! Dijamin foundation yang Anda gunakan tidak mudah oksidasi, Ladies!

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup