Tips Menghemat Keuangan Saat Ramadan

Memasuki bulan Ramadan sudah bisa dipastikan kebutuhan dan keperluan Anda selama satu bulan ke depan meningkat dan disertai dengan lonjakan harga pada setiap kebutuhan pokok. Meski demikian, bukanlah hal yang mustahil jika Anda tetap berencana untuk mengatur keuangan sehingga tidak terjadi pemborosan. Coba lakukan beberapa tips mudah ini agar Anda dapat tetap menghemat keuangan selama bulan Ramadan.

 

Membuat daftar belanja kebutuhan selama satu bulan

Photo: contractpeople.com

Membuat daftar belanja kebutuhan untuk satu bulan merupakan hal yang wajib dilakukan, terutama ketika bulan Ramadan. Adanya daftar ini akan membantu Anda ketika berbelanja bulanan agar tidak boros. Pastikan daftar belanjaan tersebut berisikan barang kebutuhan, termasuk bahan untuk membuat santapan sahur dan berbuka puasa. Oleh karena itu, ada baiknya jika daftar belanja tersebut didampingi daftar menu sahur maupun buka puasa sehingga Anda bisa lebih cermat memilih bahan pangan. Ingat, jangan tergoda untuk membeli barang yang tidak ada di dalam daftar belanja karena biaya pengeluaran akan melebihi batas yang telah ditentukan.

 

Perbanyak informasi promo belanja

Photo: www.shoppinghabit.us

Salah satu cara seru untuk menghemat keuangan di saat Ramadan yaitu memanfaatkan berbagai tawaran promo menarik, seperti diskon, cashback, buy one get one hingga promo kartu debit atau kredit dan masih banyak lainnya. Meski demikian, ingatlah untuk tetap mengontrol pengeluaran uang Anda.

Psst.. Bagi Anda, pencinta fashion, jangan lupa intip beragam promo menarik yang ada di Banananina. Yuk, jangan lewatkan kesempatan emas ini agar tetap tampil fashionable di bulan Ramadan.

 

Batasi kegiatan berbuka puasa di luar rumah

Photo: www.nbcnews.com

Pada bulan Ramadan tentu Anda akan mendapat banyak sekali ajakan untuk berbuka puasa sambil berkumpul kembali bersama teman kantor, kuliah maupun sekolah. Kegiatan ini memang menyenangkan namun Anda perlu membatasinya apabila ingin tetap berhemat selama Ramadan.

Tidak ada salahnya untuk menghadiri satu atau dua kegiatan tersebut jika memang biaya yang akan dikeluarkan tidak membebani dompet Anda. Perlu diingat, ajakan berbuka puasa bersama bukanlah suatu kegiatan yang wajib Anda ikuti, sehingga tidak masalah jika Anda menolak untuk hadir apabila kondisi keuangan tidak mendukung.

 

Membuat makanan sendiri

Photo: www.freepik.com

Membuat makanan sendiri di rumah bisa sangat membantu Anda untuk menghemat keuangan, selain itu makanan yang diolah sendiri tentu akan lebih terjaga kebersihannya, bukan? Anda bisa mengatur keseimbangan gizi dari makanan tersebut sehingga kesehatan tubuh dapat lebih terjaga.

Jika berencana membawa bekal untuk berbuka puasa di tempat Anda bekerja, sangat disarankan untuk membuat makanan yang tidak mudah basi, misalnya camilan sehat yang terbuat dari bahan organik atau buah-buahan.

 

Ladies, itulah empat tips sederhana untuk menghemat keuangan selama bulan Ramadan. Tidak sulit untuk dilakukan, bukan? Selamat mencoba!

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup