Tips Perjalanan dengan Anak

Lebaran telah tiba. Seperti yang sudah menjadi kebiasaan dalam merayakan Idul Fitri adalah mudik ke kampung halaman yang mungkin saja berada di luar kota atau malah luar pulau. Nah, jika saat ini Ladies sudah mempersiapkan untuk pulang kampung bersama dengan buah hati tercinta, ada beberapa hal yang mungkin harus kamu perhatikan.

Apa saja hal-hal yang harus kamu perhatikan saat mudik bersama anak? Mari simak artikel selengkapnya di bawah ini:

Bepergian menggunakan transportasi umum

Saat ini dengan adanya kemudahan transportasi umum, perjalanan menjadi semakin banyak banyak pilihan. Mulai dari menggunakan pesawat, kereta api, bus antar kota dan tak ketinggalan juga travel. Bagi Ladies yang akan berkendara dengan transportasi umum bersama keluarga termasuk buah hati kamu, ini dia hal-hal yang harus diperhatikan!

Berikan kesan positif pada anak mengenai transportasi yang akan digunakan

Perjalanan kamu dimulai ketika kamu masuk ruang tunggu. Biasanya saat menaiki transportasi umum kamu harus datang sebelum pemberangkatan. Nah pada saat menunggu inilah tantangan pertama bagi anak. Jadwal keberangkatan yang memakan waktu cukup lama ditambah dengan banyaknya orang asing dan suara yang bising di ruang tunggu akan membuat anak tidak merasa nyaman. Bahkan menurut psikolog anak, bagi anak-anak kisaran umur 3 tahun yang sudah mengerti bahwa mereka akan bepergian jauh, hal tersebut bisa membuat mereka takut

Untuk mencegah hal tersebut, beberapa hari sebelum keberangkatan kamu disarankan untuk membuat kesan positif mengenai transportasi yang akan digunakan. Misalnya dengan mengatakan kalau perjalanan dengan kereta api atau pesawat sangat menyenangkan. Pada saat hari keberangkatan jangan lupa untuk siapkan mainan dan snack yang dapat membuat mood mereka tetap bagi selama menunggu.

Pastikan anak sudah makan dan beristirahat dengan cukup serta tidak stres

Sebelum hari keberangkatan, pastikan anak untuk makan terlebih dahulu dan  tidur dengan nyenyak sehingga anak tidak akan rewel selama perjalanan. Tak hanya itu saja, Ladies juga harus memastikan anak tidak stress dengan mempersiapkan semua mainan atau barang kesayangannya dibawa mudik.

Bepergian menggunakan kendaraan pribadi

Beberapa orang lebih memilih untuk membawa kendaraan pribadi saat bertandang ke kampung halaman. Kepraktisan menjadi alasan dalam hal ini. Nah jika Ladies termasuk orang yang memilih kendaraan pribadi saat mudik bersama buah hati, berikut ini beberapa persiapan yang sebaiknya kamu lakukan sebelum berangkat;

Tempatkan anak di kursi belakang dan sediakan ruang gerak untuknya

Apapun jenis mobilnya digunakan, sebaiknya tempatkan anak pada kursi baris kedua demi keselamatan. Jangan lupa juga untuk menyediakan ruang gerak bagi anak kamu. Dalam hal ini berati hindari menaruh barang apapun kecuali mainan anak di baris kedua.

Utamakan membawa perlengkapan anak

Persiapkan beberapa barang penting yang pasti akan dibutuhkan selama perjalanan oleh anak kamu. Beberapa barang tersebut adalah tissue, tissue basah, botol minum, botol air refill, snack, plastic (jika anak muntah) dan tak ketinggalan mainan-mainan mereka.

Tandai rest area yang nyaman

Pelajari rute perjalanan kamu dan tandailah titik titik rest area yang nyaman dan bersih menurut kamu. Karena pada saat melakukan perjalanan nanti, sebaiknya Ladies berhenti dan beristirahat di rest area setiap tiga hingga lima jam sekali. Hal ini penting untuk memberikan mereka kesempatan buang air kecil atau sekedar meluruskan kaki dan melemaskan otot yang tegang.

Pilih waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan

Arus lalu lintas sebelum hari Raya Idul Fitri tentu akan sangat ramai, sehingga waktu keberangkatan biasanya akan sangat ditentukan oleh kondisi lalu lintas. Pantai kepadatan lalu lintas tiga hari sebelum keberangkatan. Pelajari polanya. Biasanya waktu terbaik untuk berangkat adalah pada waktu subuh, bisa setelah sahur atau sekalian sahur di jalan.

Sumber Gambar

Comments

comments

Retno Prasetyani

Banananina Contributor

Part time writer. Full time dreamer.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup