Tradisi Ramadhan di Indonesia

Indonesia terkenal dengan keberagaman budaya dan tradisinya. Apalagi saat menyambut bulan suci Ramadhan, Ladies tentu setuju dengan pernyataan kalau Indonesia memiliki kebiasaan dan tradisi unik yang hanya ada di sini.

Ramadhan Lifestyle

Bulan Ramadhan selalu menjadi bulan yang disambut penuh suka cita oleh setiap umat muslim. Ada berbagai kebiasaan dan kegiatan yang hanya dilakukan pada saat bulan puasa ini saja bukan? Nah, kali ini Redaksi Banananina akan membagikan beberapa Ramadhan Lifestyle yang menjadi tradisi kamu, simak yuk!

Teriakan orang bangun sahur

Salah satu pembeda bulan Ramadhan adalah euphoria sahur dan buka puasa. Pada saat sahur, biasanya kamu akan dibangunkan dengan kemeriahan tetangga sekitar yang berkelilingan dengan kentongan, teriakan atau bahkan memukul-mukul tiang.

Pulang kantor lebih cepat

Salah satu hal yang dirindukan dari bulan Ramadhan adalah pulang kantor lebih cepat dengan harapan dapat berbuka puasa di rumah bersama keluarga. Namun kadang harapan tak seindah kenyataan. Nyata jalanan saat pulang kantor sebelum buka puasa akan lebih macet daripada hari-hari biasanya. Alhasil, seringkali Ladies mau tak mau mampir ke tempat makan di pinggir jalan atau membatalkan puasa di mobil.

Ngabuburit

Selain sahur, waktu menunggu berbuka puasa juga memiliki tradisi tersendiri. Waktu menunggu berbuka puasa biasanya disebut dengan ngabuburit. Berkumpul sambil bercerita atau sekedar hang out bersama sahabat jadi pilihan ngabuburit.

Takjil

Ramadhan Lifestyle

Menu untuk membatalkan puasa kamu biasanya disebut takjil. Nah di bulan puasa ini, ada berbagai pilihan takjil yang jadi favorit. Bahkan beberapa diantaranya hanya ada pada saat Ramadhan saja lho Ladies. Misalnya kolak biji salak, colenak, air kelapa muda, aneka gorengan, es cincau, es buah dan lain sebagainya.

Jadwal bukber (buka bersama)

Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk mempererat tali silaturahmi, oleh sebab itu biasanya undangan untuk buka bersama sangatlah padat. Mulai dari buka bersama dengan teman masa sekolah, kantor lama, teman kuliah dan lain sebagainya. Jadi pastikan kamu juga memilih busana yang sesuai untuk menghadiri undangan buka bersama yaa Ladies!

Olahraga

Penting menjaga kebugaran tubuh selama kamu berpuasa. Untuk Ramadhan Lifestyle, menurut ahli nutrisi dari Embody Fitness di Dubai, Lulwa Alarmali, dini hari setelah makan sahur adalah saat yang paling tepat bagi kamu yang ingin tetap berolahraga di bulan Ramadhan.

Ramadhan Lifestyle

Selain setelah sahur, pilihan waktu yang tepat untuk berolahraga adalah 1-2 jam sebelum berbuka puasa. Karena pada saat ini tubuh menggunakan sumber bahan bakar eksternal sehingga tidak menghancurkan otot dan protein. Namun sebelum berolahraga, pastikan kamu melengkapi makanan yang mengandung karbohidrat pada saat sahur dan makanan mengandung protein pada saat berbuka ya!

Mudik

Bisa dibilang, mudik atau pulang kampung merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang paling menghabiskan uang, waktu dan tenaga. Tapi sejauh-jauhnya seseorang dari kampung halaman, mudik merupakan aktivitas yang paling ditunggu-tunggu setelah 1 bulan menjalani ibadah Ramadhan. Biasanya jalanan akan mulai dipadati pemudik pada H-7 sampai H-1 Lebaran. Para pemudik ini menggunakan berbagai angkutan seperti mobil, kereta api, kapal atau pesawat terbang untuk dapat bertemu orang-rang terkasih di kampung halamannya. Tak heran jika tiket angkutan umum sudah terjual habis dari jauh-jauh hari karena tingginya permintaan jasa transportasi menjelang Lebaran.

Sumber Gambar

Comments

comments

Retno Prasetyani

Banananina Contributor

Part time writer. Full time dreamer.

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup