Travel Resolution: Eksplorasi Keindahan Indonesia

Tak hanya kaya akan budaya dan kulinernya, Indonesia juga kaya akan keindahan alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Sebagai warga Indonesia, sudah sepatutnya kita bangga dengan kekayaan alam negara ini.

Bangga akan negara sendiri, bisa diwujudkan dengan beragam cara. Salah satunya dengan mengunjungi serta melestarikan tempat-tempat indah di Indonesia. Namun saat membahas tempat wisata Indonesia, seringnya kita menyebutkan Bali sebagai tujuan kita, padahal banyak sekali hidden paradise di pulau lain yang tak kalah mengagumkan.

Mengawali tahun 2017 ini, redaksi Banananina telah merangkum beberapa destinasi di Indonesia yang bisa menjadi travel destination kamu setahun ke depan. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasannya berikut ini!

Sumatera

Mentawai, Sumatera Barat

Kepulauan Mentawai yang berlokasi di Sumatera Barat ternyata memiliki keindahan tersembunyi. Kepulauan ini terdiri dari gugusan pulau-pulau yang secara geografis terletak di Samudera Hindia. Pulau Siberut, Sipora, North Pagai dan South Pagai adalah pulau yang menjadi tujuan wisata Kepulauan Mentawai.

Bagi pecinta olahraga surfing, Kepulauan Mentawai bisa menjadi salah satu alternatif destinasi untuk berselancar. Gelombang ombak yang menakjubkan membuat kepulauan ini menjadi salah satu destinasi surfing yang mendunia. Tak heran bila kepulauan ini lebih banyak dikunjungi turis mancanegara daripada wisatawan lokal.

Walaupun sempat dilanda gempa bumi pada 2010 lalu, kini Mentawai sudah bisa dikunjungi lagi oleh wisatawan. Ulasan mengenai Mentawai bisa sangat mudah kamu jumpai di Lonely Planet maupun Trip Advisor.

travel resolution indonesian beauty

Lagoi, Kepulauan Riau

Bintan merupakan salah satu destinasi wisata kelas dunia yang terkenal dengan kemewahan resort dan keindahan pantainya. Kalau kamu merupakan tipe turis yang menyukai luxury trip, Bintan adalah destinasi yang tidak boleh kamu lewatkan.

Lagoi Bay, atau teluk Lagoi, adalah area yang dipenuhi berbagai resort mewah. Menikmati fasilitas di resort, seperti berenang atau spa, berjemur di pantai yang memiliki pasir putih, atau menikmati berbagai olahraga air, adalah hal yang bisa kamu lakukan selama berada disana. Selain itu bagi pecinta olahraga golf, fasilitas golf kelas dunia juga bisa kamu nikmati disana.

Wisata kuliner yang bisa kamu nikmati disana adalah berbagam macam seafood yang sangat lezat. Mulai dari seafood kaki lima sampai seafood hotel berbintang tersedia di Bintan. Untuk seafood murah yang lezat, kamu bisa menjumpainya di daerah Tanjung Pinang, sementara untuk seafood yang sudah diolah dengan cita rasa internasional bisa kamu dapatkan di daerah Lagoi.

travel resolution indonesian beauty

Kalimantan

Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Danau indah nan elok bernama Danau Labuan Cermin ini terletak di Berau, Kalimantan Timur. Danau ini memiliki air yang sangat jernih, saking jernihnya, kita bisa melihat pasir laut yang mengendap di dasar danau. Bahkan, kapal yang kita tumpangi nampak melayang saat berada di atas danau ini.

Danau Labuan Cermin ini memiliki lapisan cahaya matahari yang memantul. Hal tersebut bisa terjadi karena Danau Labuan Cermin mengandung rasa asin dari permukaan danau dan rasa tawar di dasar danau. Dari situlah, Danau Labuan Cermin memiliki julukan lain dari masyarakat setempat, yaitu “Danau Dua Rasa”. Meskipun nampaknya dangkal, ternyata danau ini memiliki ketinggian 4 – 5 meter lho, Ladies.

travel resolution indonesian beauty

Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Tanjung Puting adalah salah satu keajaiban alam di dunia. Kawasan ini merupakan hutan tropis dan rawa gambut terbesar dan terluas yang sangat dilindungi. Selain menjadi rumah bagi berbagai flora hutan tropis, Tanjung Puting juga menjadi pusat konservasi Orang Utan.

Bagi pecinta wisata petualangan, Tanjung Puting adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Menginap di lodge yang berlokasi di tengah hutan, menyusuri sungai Sekonyer yang membelah hutan tropis Kalimantan dan bermain dengan Orang Utan di Taman Nasional Tanjung Puting bisa menjadi pengalaman tak terlupakan.

Sunset di tengah hutan rimbun ini akan terasa berbeda dibanding sunset di tempat lain, ditambah lagi kita bisa menyaksikan keindahan Bima Sakti di langit yang cerah saat malam menjelang. Sebuah pengalaman yang akan membuat kita mensyukuri keindahan alam Indonesia.

travel resolution indonesian beauty

Nusa Tenggara

Wae Rebo, NTT

Wae Rebo adalah sebuah desa tradisional suku Manggarai yang berlokasi di wilayah Flores, Nusa Tenggara Timur. Desa ini berlokasi di atas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Dapat dikatakan desa ini adalah surga di atas awan. Di tempat ini kita bisa melihat pemandangan alam berupa gunung-gunung dengan rumah-rumah adat setempat yang berbentuk kerucut.

Desa Wae Rebo memiliki tatanan desa yang dikelola dengan baik dengan pendampingan dari Indonesia Ecotourism Network. Apabila kamu berkunjung ke tempat ini, kamu membutuhkan setidaknya 3 jam pendakian. Walaupun cukup membutuhkan usaha, namun pemandangan indah sudah menunggumu di atas sana. Di desa ini, kamu bisa menikmati keseharian masyarakat lokal.

travel resolution indonesian beauty

Air Terjun Mangku Sakti, NTB

Nusa Tenggara memang surga bagi para petualang. Kondisi lingkungannya yang masih cukup alami, membuat objek wisata di pulau ini terlihat semakin mengagumkan. Salah satu keindahan yang ditawarkan Lombok adalah air terjun.

Berlokasi di Desa Sajang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, air terjun Mangku Sakti ini masih satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Walaupun bisa ditempuh menggunakan motor maupun mobil, ada saat dimana kita harus memarkir kendaraan kita dan berjalan menuju air terjun. Jalur menuju air terjun ini cukup sulit, ada beberapa bagian yang curam dengan banyak bebatuan dan lumpur sehingga agak berbahaya. Namun, setibanya disana kamu akan menemukan keindahan alam yang menakjubkan.

travel resolution indonesian beauty

Sulawesi

Celebes Canyon, Sulawesi Selatan

Di kabupaten Barru, 1 jam perjalanan dari Makassar, kamu bisa mengunjugi sebuah tempat yang indah banget. Namanya Celebes Canyon. Tempat ini dinamakan sebagai Celebes Canyon karena memiliki area berbatu yang mirip seperti Grand Canyon di Amerika.

Uniknya, tempat ini tidak kering saat musim kemarau. Air yang mengalir di Celebes Canyon pun cenderung kering dan segar. Celebes Canyon ini juga memiliki pemandangan yang indah dan sejuk. Gemericik aliran air terdengar merayu telinga untuk terus menikmati kesyahduannya.

600

Pusat Laut Donggala, Sulawesi Tengah

Donggala adalah sebuah nama kota di Sulawesi Tengah yang terkenal dengan bebatuan megalitikum. Selain terkenal sebagai kota tambang batu yang dijadikan bahan dasar aspal, Donggala memiliki beragam destinasi unik, salah satunya adalah Pusat Laut Donggala. Keajaiban alam ini hanya ada satu-satunya di dunia.

Pusat Laut Donggala berbentuk menyerupai sumur raksasa, yang berisi air dengan warna kebiru-biruan yang memiliki rasa asin seperti air laut. Pusat Laut ini dikelilingi bebatuan yang memiliki ukiran besar yang terbentuk secara alami dengan diameter 10 meter  dan kedalaman 7 meter. Air yang terdapat di Pusat Laut Donggala ini berasal dari laut yang berjarak 500 meter dari bibir pantai.

travel resolution indonesian beauty

Maluku

Teluk Jailolo, Maluku Utara

Indonesia Timur adalah wilayah yang memiliki potensi wisata cukup tinggi, terutama yang terkait dengan wisata bawah laut. Teluk Jailolo yang terletak di Pulau Halmahera, Maluku Utara ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat mengagumkan. Kamu bisa menikmati terumbu karang dan berbagai biota laut lainnya baik melalui diving maupun hanya snorkeling.

Selain menyajikan keindahan laut, Jailolo juga menawarkan festival budaya yang menjadi acara tahunannya, yaitu Festival Teluk Jailolo. Dalam acara ini digelar “Cabaret On The Sea” yang merupakan seni pertunjukan kontemporer yang memadukan unsur tarian tradisional, musik tradisional, drama dan koreografi dinamis yang berakarkan kebudayaan masyarakat Jailolo. Di pertunjukkan ini, Anda bisa melihat kemegahan kabaret di atas laut yang belum pernah ada di dunia.

Travel Destinaion Indonesian Beauty
Ora Beach, Maluku Tengah

Kalau Sri Lanka punya Maladewa, Indonesia punya Ora Beach. Bagi sebagian orang yang belum tahu, Ora Beach ini adalah salah satu surga tersembunyi yang terdapat di pedalaman Maluku, tepatnya berada di Pulau Seram. Pantai ini memiliki keindahan yang spektakuler layaknya Maladewa.

Ora Beach memiliki air yang jernih dengan pasir putih. Penginapan disini sangat spesial karena berbentuk cottage dengan pemandangan hamparan laut di depan pintu penginapan, sehingga kita isa langsung berenang di depannya. Jika kamu ingin berkunjung ke Ora Beach, kamu wajib untuk memesan penginapan dari jauh-jauh hari. Penginapan yang sangat direkomendasikan adalah Ora Beach Resort yang memiliki tarif sekitar Rp. 1.000.000 – 1.500.000 per hari.

travel resolution indonesian beauty

Papua

Nabire, Papua

Nabire merupakan kabupaten yang berlokasi di Papua Timur dan memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Kita bisa menikmati keindahan wisata alamnya seperti Teluk Cendrawasih dengan ragam biota laut yang bisa membuat kita terpukau.

Nabire sangat populer sebagai salah satu lokasi untuk bertemu dengan Whale Shark. Diver dari berbagai negara datang kesini dengan satu keinginan yang sama, berenang dengan hiu paus, yang merupakan spesies ikan terbesar. Di Teluk Cenderawasih, kamu bisa menyelam untuk bertemu dengan hiu yang tidak berbahaya ini.

travel resolution indonesian beauty

Goa Kali Biru, Papua

Goa Kali Biru adalah sebagian kecil dari surga tersembunyi yang terletak di ujung timur Indonesia, tepatnya berada di Biak Numfor. Goa ini sangat cantik dengan warna airnya yang biru jernih. Meskipun tidak terlalu luas, namun tempat ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang senang mengeksplorasi goa sekaligus bermain air.

Tidak hanya berenang saja. Di Goa Kali Biru ini kamu bisa melakukan cave diving. Ketika masuk lebih dalam kamu akan melihat batu-batu karang yang masih alami dan belum terjamah oleh tangan manusia. Kabarnya, jika kita bisa melakukan cave diving lebih dalam lagi, kita bisa menemukan jalan menuju ke laut. Luar biasa!

Sumber Gambar

Comments

comments

Sudiyanti

A passionate writer and food traveler

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup