Usai Lebaran, Saatnya Detoks Tubuh Anda dengan 5 Langkah Berikut!

Tak terasa Hari Raya Lebaran sudah lewat satu bulan yang lalu. Namun, kebiasaan makan makanan berlemak mungkin masih tertinggal. Nah, sudah saatnya Anda melakukan detoksifikasi pada tubuh untuk menghilangkan karbo dan lemak sehabis makan berbagai macam menu santan di Hari Raya Lebaran. Tidak ingin kan, tubuh Anda terlihat jadi lebar-an? Yuk, coba lakukan lima langkah detoks sederhana berikut ini!

1. Kurangi asupan karbohidrat

(Foto: www.pexels.com)

Setelah puas makan ketupat dan rendang, saatnya Anda mulai membatasi asupan makanan yang mengandung karbohidrat. Ganti nasi putih biasa dengan nasi merah yang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, nasi merah juga memiliki kadar serat tinggi yang berguna untuk melancarkan pencernaan, sehingga Anda lebih cepat merasa kenyang.

2. Perbanyak konsumsi sayur

(Foto: www.unsplash.com)

Berbagai sajian khas Lebaran memang sangat menggugah selera. Lupakan opor ayam, rendang, sayur nangka dan balado kentang. Kini Anda harus beralih mengonsumsi banyak sayuran untuk membantu detoksifikasi tubuh secara maksimal. Mulailah banyak makan sayuran hijau seperti bayam dan brokoli untuk menghindari kolesterol. Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi sayuran segar secara langsung atau direbus tanpa menggunakan penyedap rasa.

3. Ganti kue kering Lebaran dengan buah

(Foto: www.unsplash.com)

Kue kering Lebaran masih tersisa? Sudah saatnya mulai berhenti makan kue kering yang memiliki kalori tinggi, seperti Nastar dan Kastangels. Beralihlah pada camilan yang lebih menyehatkan seperti buah-buahan segar. Pilihlah buah-buahan yang mengandung banyak serat untuk memperlancar pencernaan. Selain buah, Anda juga bisa mengganti kue kering sisa Lebaran dengan kacang-kacangan.

4. Ganti kopi dan teh dengan jus sehat

(Foto: www.unsplash.com)

Karena kopi dan teh mengandung kafein, sebaiknya Anda mulai membatasi asupan kedua minuman ini. Ganti dengan minuman yang lebih menyehatkan, seperti jus buah dan sayur yang segar sebagai detoks untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Lebih nikmat jika Anda membuat jus buah dan sayur sendiri di rumah, tanpa tambahan gula dan susu agar tinggi serat.

5. Hindari makan gorengan

(Foto: www.unsplash.com)

Selain bisa membuat kadar kolesterol Anda naik, makan banyak gorengan juga tidak baik untuk tubuh karena mengandung lemak berlebih. Untuk melakukan detoks setelah Lebaran, sebaiknya Anda hindari mengonsumsi banyak gorengan. Ganti gorengan dengan rebusan atau kukusan agar makanan yang masuk ke dalam tubuh juga lebih sehat.

So Ladies, yuk, mulai detoks dari sekarang agar tubuh Anda kembali segar dan fit!

Comments

comments

Subscribe To Our Newsletter
Subscribe to our email newsletter today to receive updates on the latest news, tips and special offers!
No Thanks
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup
Welcome to Banananina Magazine!
Subscribe to our email newsletter now and keep updated with the latest trends and news!
Thanks for signing up. You must confirm your email address before we can send you. Please check your email and follow the instructions.
We respect your privacy. Your information is safe and will never be shared.
Don't miss out. Subscribe today.
×
×
WordPress Popup